Kamis, 03 Desember 2015

KEGIATAN FFD BPP BELANTIKAN RAYA






KEGIATAN FFD BPP BELANTIKAN RAYA
KAB. LAMANDAU. KALIMANTAN TENGAH 2015


A. LATAR BELAKANG

Sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban menyelenggarakan penyuluhan pertanian di setiap tingkatan yang terintegrasi dengan pembangunan pertanian. 

                Penyuluhan pertanian memiliki peran yang sangat strategis di dalam mendukung dan mengawal program utama pembangunan pertanian, yaitu untuk tercapainya Empat Sukses Pembangunan Pertanian, yaitu: (1) Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan; (2) Diversifikasi Pangan; (3) Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing dan Ekspor, dan (4) Peningkatan Kesejahteraan Petani.

              Pemantapan Sistem Penyuluhan Pertanian merupakan upaya untuk mendudukkan, memerankan, memfungsikan dan menata kembali penyuluhan pertanian agar terwujud kesatuan arah dan kesatuan gerak di  dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

Kondisi tantangan dalam pencapaian sasaran saat ini diperlukan sinergitas dan koordinasi antar Instansi Lingkup Pertanian dalam pelaksanaan Pemantapan Sistem Penyuluhan Pertanian di tingkat Kabupaten, untuk itu perlu adanya rapat teknis penyuluhan pertanian.

Kegiatan Farmer’s Field Day (Hari Temu Lapangan Petani) sebagai salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antara para petani, peneliti dan penyuluh untuk saling tukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan umpan balik dari petani. Kegiatan ini dapat dilaksanakan pada setiap tahapan proses budidaya untuk menyampaikan pesan terkait dengan teknologi yang diterapkan.


B. TUJUAN

Menyampaikan informasi tentang teknologi pertanian terapan serta umpan balik dari petani.

 C. SASARAN

Sasaran dari kegiatan Farmer’s Field Day (Hari Temu Lapangan Petani) Tingkat Kecamatan Belantikan Raya Tahun 2015 adalah petani, peneliti dan penyuluh pertanian (PNS Penyuluh Pertanian, dan Pernyuluh Pertanian Swadaya).
    
 
Tanam perdana kedelai di lahan demplot BPP Belantikan Raya, oleh Camat Belantikan Raya


  

 



 

  

  































































5 komentar:

  1. Hahaha asikk aku gen hndk belajar nulis blog tapi bingung memulai nya...

    BalasHapus
  2. Hahaha asikk aku gen hndk belajar nulis blog tapi bingung memulai nya...

    BalasHapus
  3. Mantap ada fotoku jua d situ....

    BalasHapus